Jenang Jaket Mersi Purwokerto

Jenang Jaket Mersi Purwokerto merupakan salah satu makanan khas tradisional Kabupaten Banyumas yang sangat spesifik dan sulit ditemukan di kota-kota lainnya di Indonesia. Makanan ini dapat dikonsumsi sebagai makanan kecil ataupun sebagai hidangan dalam suatu hajatan dan acara-acara tertentu ataupun sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Purwokerto. Apabila ada warga Banyumas dan sekitarnya yang memiliki hajatan baik acara resepsi mantenan, sunatan, ataupun syukuran, Jenang Jaket Mersi ini senantiasa menjadi menu wajib yang harus ada. Bahkan ada semacam kesepakatan yang sudah turun-temurun, bahwa acara hajatan belum “afdol” apabila tidak menghidangkan jenang jaket.
  
Jenang Jaket Mersi merupakan makanan khas yang berbahan baku utama tepung ketan, gula merah dan santan kelapa yang diolah sedemikian rupa melalui proses yang cukup panjang menjadi jenang. Selain itu digunakan bahan tambahan berupa vanili, dan wijen untuk mendapatkan rasa yang khas dan special. Tidak heran jika jenang jaket memiliki rasa yang khas. Selain empuk dan rasa manisnya yang pas, jenang jaket berorama wangi manggar atau kembang kelapa, karena gula jawa yang digunakan sebagai pemanis terbuat dari deresan kelapa.

Mengapa “jenang” buatan warga Mersi ini dinamakan Jenang Jaket? Apakah si-pembuatnya selalu memakai jaket, ataukah jenangnya diberi kain jaket, ataukah dalam membungkusnya dengan jaket? Pertanyaan-pertanyaan seperti tersebut mungkin juga tergambar dipikiran kita.

Makanan khas ini dinamakan “Jenang Jaket”, ternyata nama tersebut diambil dari kependekan bahan baku utamanya yaitu tepung beras ketan asli. Memang dalam proses pembuatannya, tepung beras ketan yang digunakan haruslah yang asli dan berkualitas bagus tanpa adanya campuran dari tepung beras yang lain apalagi tepung terigu. Dari bahan ketan asli yang diolah menjadi jenang ini, maka untuk memudahkan diberi nama “Jenang Jaket”, yang merupakan kepanjangan dari Jenang Ketan Asli. Sedangkan nama Mersi diambilkan dari tempat pembuatan jenang yang ada di Kelurahan Mersi, Purwokerto.

Kelurahan Mersi merupakan sentra home industry jenang jaket di Kota Purwokerto. Ada lima tempat home industry Jenang Jaket di Kelurahan Mersi yaitu, Jenang Jaket Pertama, Jenang Jaket Asli, Jenang Jaket Puspa Sari, Jenang Jaket Mukti Sari dan Jenang Jaket Dian Sari. Salah satu tempat home industry jenang jaket ada di Jalan PKK Mersi No.600 Purwokerto Timur, Banyumas Telp (0281) 639133.

Jenang Jaket Mersi diproduksi dalam dua variant yaitu jenang yang menggunakan wijen atau jenang jaket wijen dan jenang yang tidak menggunakan wijen atau jenang jaket asli/polos. Harganya tidak  terpaut jauh antara dua jenis jenang jaket tersebut, berkisar antara Rp.16.000,- per bungkus (isi 16 biji) untuk yang tanpa wijen/polos sedangkan untuk jenang jaket yang menggunakan wijen sekitar Rp.20.000,- per bungkus (isi 16 biji).

7 Responses to "Jenang Jaket Mersi Purwokerto"

  1. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    BalasHapus
  2. Ada kadaluwarsa nya ga? Biasanya brp lama dr pembuatan jenang nya?

    BalasHapus