Ringket, Singkong Goreng Khas Banyumas

Ringket, merupakan makanan tradisional masyarakat Banyumas yang terbuat dari ketela pohon atau orang Banyumas menyebutnya "budin". Mendengar nama makanan ini, mungkin agak terdengar asing, terutama bagi warga diluar Banyumas ataupun warga Banyumas yang masih muda-muda karena makanan ini semakin terpinggirkan dan tergusur dengan jenis makanan lain. Padahal makanan Ringket ini rasanya cukup memberikan sensasi yang luar biasa di lidah, apalagi kalau dihidangkan dalam kondisi hangat dan ditemani secangkir kopi panas, "nyamleng" rasanya.

Ringket adalah singkong (ketela pohon) yang diiris agak tebal, kemudian direndam dalam air yang telah diberi bumbu, selanjutnya digoreng. Ringket atau singkong goreng memang tidak sepopuler roti bolu gulung atau martabak Bandung, namun Ringket atau singkong goreng memiliki citarasa yang sangat nikmat bahkan sangat lezat dan khas. 

Proses pembuatan ringket/singkong goreng khas Banyumas ini tergolong sangatlah mudah. Langkah pertama untuk mendapatkan singkong goreng yang lezat dan merekah, pilihlah singkong atau ketela pohon yang bagus dan masih segar, bukan singkong yang "paya" (sudah agak busuk). Kupas singkong yang sudah dipilih, potong kurang lebih 7-8 cm, selanjutnya tiap potongan singkong dibelah menjadi 4-8 tergantung besarnya potongan singkong.

Singkong yang sudah dibelah, selanjutnya dicuci bersih dan dikukus dalam dandang (panci besar) sampai matang dan empuk. Siapkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan yang terdiri dari bawang putih, ketumbar dan garam. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam, kemudian tambahkan air secukupnya. Singkong yang sudah matang dan masih dalam keadaan panas kemudian dicelupkan dalam larutan bumbu, biarkan sebentar kurang lebih 5-7 menit hingga bumbu meresap. Selanjutnya goreng hingga renyah dan kekuningan. Ringket, singkong goreng khas Banyumas yang empuk dan gurih siap untuk dihidangkan.

3 Responses to "Ringket, Singkong Goreng Khas Banyumas"

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih ne ya!! beritanya bagus banget dan sangat menarik di baca siang ini. Ijin share juga ya, terimakasih sekali lagi.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus